Khasiat dan Manfaat Sirih Merah

Sirih merah atau dalam bahasa ilmiahnya Piper Crocatum merupakan salah satu jenis dari tanaman sirih piper betle yang merupakan tanaman merambat dengan bentuk daun seperti hati berwarna merah biasanya hidup pada daerah dataran tinggi, Bisanya bila sirih merah ditanam pada daerah yang memiliki kadar panas atau terkena sinar matahari langsung maka batang pada sirih merah akan cepat mengering dan zat warna merah yang terdapat pada bagian daun akan perlahan-lahan luntur.

sirih merah sebenarnya telah digunakan oleh masyarakat indonesia khususnya masyarakat jawa sejak jaman dahulu. Manfaat yang digunakan bukan saja sebagai tanaman obat dari berbgai penyakit akan tetapi dimanfaatkan juga sebagai uborampe dalam upacara-upacara adat juga sebagai alat kosmetik kecantikan wanita-wanita jawa tempo dulu.

Kandungan Kimia

Kandungan kimia yang terdapat dalam sirih merah diantaranya adalah Flavonoid, Polivenol,alkoloid, tanin, minyak astsiri, saponin, hidroksikaficol, kavicol,kavibetol, allylprokatekol, karvokrol, eugenol, P-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan fenil propoda

Khasiat dan Manfaat

Senyawa-senyawa kimia yang terkandung dalam siri merah memiliki khasiat sebagai berikut:Senyawa flavonoid dan polivenol berfungsi sebagai antioksidan, antideabetik, antikanker, antiseptik dan antiflamasi. senyawa alkoloid pada sirih merah juga dapat dimanfaatkan sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.Suatu penelitian yang dilakukan dengan media tikus putih membuktikan bahwa rebusan daun sirih merah yang diberikan kepada tikus putih yang telah terkena diabetes dapat menurunkan kadar gula dalam darah pada tikus putih tersebut ini membuktikan bahwa Sirih merah dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes militus yang di konsumsi secara rutin. selain berkhasiat sebagai pengontrol dan penurun kadar gula darah dalam tubuh sirih merah juga dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan penyakit-penyakit lain seperti Hipertensi, radang lever, radang prostat, radang mata, keputihan maag, kanker payu darah, nyeri sendi dan juga dapat dimanfaatkan sebagai penjaga stamina. selain sebagai obat sirih merah juga di manfaatkan oleh masyarakat jogja sebagai uborampe dalam acara-acara adat kraton yang digunakan untuk ngadi saliro dan juga digunakan sebagai alat kecantikan oleh beberapa putri-putri keraton sebagai penghalus kulit.

Kandungan karvakol pada daun sirih merah bermanfaat sebagai desenfektan, dan anti jamur, sehingga berfungsi sebagai obat kumur dan obat keputihan. Kandungan senyawa eugenol berfungsi sebagai obat pereda nyeri atau analgetik. kandungan tanin berfungsi sebagai penyembuh sakit perut khusunya diare dan juga dapat digunakan sebagai obat antiseptik pada luka. Sirih merah juga dapat dibudidayakan karena tanaman ini bernilai ekonomis sangat tinggi 4 – 5 lembar daun sirih merah mencapai harga 7 – 15 ribu rupiah sehingga dapat digunakan segabai mata pencaharian

Efek samping

Selama penggunaan sirih merah sebagai tanaman obat belum ada informasi yang berkaitan dengan efek samping mengkonsumsi tanaman ini sebagai obat, akan tetapi utnuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan sirih merah tidak di anjurkanuntuk di konsumsi oleh para wanita yang sedang hamil, menyusui dan anak-anak dibawah umur 7 tahun

Ramuan Tradisional Sirih Merah

Berikut adalah contoh pengolahan sirih merah sebagai obat:

1. Rebusan Sirih Merah

Caranya ambil 3 – 5 lembar daun sirih merah segar segera cuci dan direbus dengan 2 gelas air masak hingga mendidih sampai airnya menyusut menjadi 1 gelas. air rebusan tersebut lalu didinginkan dan di minum sehari sebanyak 3 kali sebelum makan. apabila tidak tahan dengan rasanya yang pahit geter maka dapat dicampur dengan madu secukupnya atau pemanis lainnya tapi dalam takaran yang sesuai.

2. Teh Sirih Mera

Bagi seorang yang tidak sempat membuat rebusan sirih merah maka ada cara praktis untuk mengkonsumsi daun sirih merah yaitu dengan cara mengkonsumsi ekstrak sirih merah dengan dikeringkan dan dibuat sebagai teh seduhan atau daun segar yang dicuci dan direndam dalam air panas 1 gelas dan di diamkan sampai minuman dingin lalu dapat dikonsumsi dengan aman.

Tags:

KHASIAT SIRIH MERAH,  sirih merah,  manfaat daun sirih merah,  manfaat sirih merah,  

68 thoughts on “Khasiat dan Manfaat Sirih Merah

  1. Kalau benalu yang terdapat di pohon sirih merah, Apakah khasiatnya??

  2. Pagi mas panji… Aku menderita anl fistula dan dapat info klo bisa dengan daun sirih merah. Itu ramuannya seperti apa? Dan apa boleh di konsumsi oleh ibu menyusui karna ank saya masih 6bln. Trima kasih

  3. sore pak panji suami sy sakit kista di pakreas dan ginjalnya dan juga ada batu diginjalnya .apakah dengan daun sirih merah ini dapat menghilangkan kistanya bagaimana caranya dan juga suami sy gula darahnya sy cek sewaktu 250 apakah bisa turun mohon penjelasannya terima kasih

  4. pak Panji, mohon penjelasan khasiat sirih merah utk pengobatan stroke atau gejala stroke…

    dan bagaimana khasiatnya bila di campur dengan daun2an lain yg memiliki khasiat seperti

    daun salam atau daun sirsak ? trim’s sebelum dan sesudahnya pak Panji.

  5. Pak panji saya sudah 6 th mengidap kista, berbagai obat herbal sudah saya coba karna saya g mau oprasi,tapi sampe sekarang belum jg sembuh..paling hanya mngurangi sedikit…apakah dg rebusan sirih merah kista saya bisa sembuh….harus brapa kali minum sehari …
    mohon penjelasan trimakasih

  6. Saya mau tanya apa sirih merah dapat mengobati torch?kalau bisa bgaimana cara membuat ramuannya.trima kasih

  7. bg para menderita kusta juga bisa memanfaatkan sirih merah untuk mengurangi terjadinya inflamasi nodul . . Dan mengurangi rasa nyeri. . . Demikian dr saya. .

  8. Hi my loved one! I want to say that this post is awesome, nice written and include almost all important infos. I would like to peer more posts like this .

  9. Saya punya sirih merah, saya tanam merambat ke tower air, tower air saya sampai jd rindang. Bagi yang membutuhkan, dipersilahkan hubungi no. 085647136861. Nwn

  10. bagi yang ada penyakit diabetes minum jo itu daun sirih merah insya Allah cepat sembuh amiin. pa ana ada gratis lagi ngoni hubungi jo hp 085240814052

  11. jika ada yang butuh daun sirih merah khususnya di provinsi gorontalo hubungi saya nomro hp 085240814052 “gratis uti” nanti ana bantu

  12. pak saya mau tanya apakah ada pengaruhnya pada wanita hamil jika berkumur kumur menggunakan rebusan air daun sirih?

  13. Excellent beat ! I would like to apprentice at the same time as you amend your site, how can i subscribe for a blog site? The account helped me a applicable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast provided shiny transparent idea

  14. yang berada di daerah warung legok – cimanggu – bogor tengah, jika butuh sangat. silahkan tinggal petik.

    thx om panji

  15. silahkan bagi yang membutuhkan sirih merah silahkan hubungi aku,no 085326792079, aku punya banyak sekali, yang penting tahu sendiri ya

  16. saya butuh daun sirih merah terutama yang kering untuk menyembuhkan penyakit gula darah kakak saya bisa ditolong dengan memberikan alamat atau no hp, terimakasih sebelumnya

  17. Ass, mas panji aq merasakan skt cekat cekit pd pyudara sy kdng jg putingnya jg ska skt, tp g ad benjolan, apakah sy kena kanker??? Sy blm periksa ke dkter…

  18. apa pemakaian sirih merah dan daun sirsak secara bersamaan akan mengakibatkan efek samping.apa ada pengaruh konsumsi sirih merah dengan ginjal…

  19. Sekitar bogor, kalau ada yang butuh bibit sirih merah dan binahong (gratis tis) hubungi: 081553258296. Dudick….jln. wangun no. 385 E (dealer HONDA) ciawi-tajur bogor

  20. mas panji, sy baru diketahui hamil anggur, sdh kuret 2x. 2 mgg ini saya minum rebusan daun sirih merah dicampur kulit jeruk nipis, 2 hr sekali. kmd jg rebusan kunir putih n temulawak, 2 hr sekali, bergantian dg rebusan sirih merah td. apakah perpaduan byk herbal yg saya minum ada efek sampingnya? dan jika sy ingin menyelingi jg dg rebusan daun sirsak, apa jg ada efek sampingnya? thanks

  21. Saya 1 minggu ini rutin mekonsumsi sirih 10 lbr plus daun sirsak 20 lbr direbus dgn air 2 gelas sampai menjadi 1 gelas, tetapi dampak yg saya rakan tiba-2 persendian saya ngilu amat sangat, tangan saya kaku dan sering kesemutan, malam hari sering kram terutama di kaki, dengkul (tumit) cekot-2, sebelumnya saya tidak pernah mempunyai gejala penyakit seperti ini. PERTANYAAN: APAKAH DAUN SIRIH + DAUN SIRSAK JIKA DIGABUNG AKAN MEMBENTUK PENYAKIT SEMACAM ASAM URAT…? tks

  22. Selamat sore semua,
    @mas panji : mohon info,papa saya lever sudah mengarah ke kanker dan ini sudah berlangsung selama 6 bulan,kita sudah menggunakan beberapa pengobatan alternatif maupun rumah sakit,tapi belum ada kemajuan.
    Kemarin sy baru tau dr slh seorang teman bahwa sirih merah bagus untuk sakit lever makanya sekarang sy googling mengenai sirih merah.mohon info detail mas mengenai pengobatan lever dg sirih merah??
    Dan apakah memungkinkan msh bisa apabila perut papa saya sudah besar/bengkak aga mengeras??karena info yf sy bawa sebelumnya sirih merah bersifat panas??

    Mohon bantuannya,jika berkenan dapat di email ke sy di : devi.ennito@yahoo.com
    Terima kasih atas bantuan yang diberikan.

    Salam,
    Devi

  23. saya mau jual daun sirih merah baik yang basah maupun yang kering . bagaimana caranya y? tolong bantu ….dong. tapi bagi yang membutuhkan . call/sms ke 08117003951

  24. Klo sirih merah di campur dengan daun kemangi dan direbus barengan bisa ga pak, sy baca khasiat kemangi juga bisa utk bau badan dan perbaikan sperma.

  25. Saya mau tny apa benar sirih merah bs menyembuhkan penyakit kista??
    Klo bnr minumnya sehari brp x?terima kasih

  26. qlo mau bibit sirih merah di sekitar balikpapan kaltim.. bisa minta saya,,gratis….tapi bdidayakan sendiri ya….silahkan kirim pesan ke email saya..

  27. Daun sirih merah berukuran sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil sebanyak 6-8 lembar. Daun sirih merah dicuci bersih, kemudian diiris kecil-kecil. Selanjutnya direbus dengan air sebanyak 4 gelas (800ml) sampai mendidih dan tersisa 2 gelas dan disaring. Ramuan ini diminum selagi hangat dua kali sehari sebelum makan, sekali minum 1 gelas.

  28. Mas panji, kasiat daun sirih merah bisa gak untuk kelnjar teroid + tumor jinak?klo bisa aturan pemakaiannya bagaimana?

  29. gak masalah malah bagus karna kandungannya masih alami selama ini otang gak mau mengkonsumsi secara langsmg karena ada rasa getirnya!!!

  30. sblm’nya makasih bt mas panji… misal sirih merah dikonsumsi langsung yaitu dengan daun segar dipotong2 langsung masukin kapsul trs dikonsumsi gmn….

  31. cuma mau share aja nie..saya pnya tanaman sirih merah di rumah,dan sudah membuktikan sendiri khasiat nya..terutama bwt keputihan…walaupun belum pernah membuktikan nya untuk pnyakit yg lain..tetapi dari beberapa teman yg sudah pernah mencobanya, bisa juga menurunkan hipertensi alias darah tinggi dan juga kolesterol, slamat mncoba…

  32. untuk sirih merah ini sudah terbukti bisa menyambuhkan keputihan akut,caranya ambil 5 lembar daunsirih rebus sampai mendidih kira kira 5 menit, kemudian diuapin kebagian kewanitaan, itu di lakukan berulang ulang.1 rebusan bisa dipakai 3 x,bisa diangetin lagi,semoga lekas sembuh

  33. mohon minta resep yg manjur dan baik dari sirih merah untuk menyembuhkan keputihan akut yang disertai gatal2 pada vagina, dan apakah sirih merah dapat menyembuh kan penyakit torch serta apakah dapat menyembuhkan orang yang sering mengalami keguguran pada saat kehamilan, mohon penjelasan nya. smga ikhtiar saya dlm mengkonsumsi sirih merah sngat tepat&brmanfaat.
    trmksih.

  34. Untuk sirih merah dapat menyembuhkan kanker/tumor saluran pencernaan, Caranya dibuat serbuk (seperti teh),dengan cara daun dikeringkan dan diseduh dengan air panas, gunakan minuman ini 2 kali sehari untuk pencegahan dan 3 kali sehari untuk penyembuhan, yang paling bai penggunaannya pada saat pagi (setelah subuh jam 05:30) sore hari stelah ashar (jam 17:00) dan malam hari (di bawah jam 21:00) smoga ada perubahan dan cepat sembuh!

  35. ass.pak panji sy mau tanya apakah daun sirih merah dapat digunakan sebagai obat tumor disaluran pencernaan,, kl kata dokter tumornya ganas. gimana cara menggunakannya.. thank atas infonya

  36. Herbal rata-rata tidak ada efek samping atau effek yang ditimbulkan sanga kecil dan tidak berpengaruh negatif pada tubuh itu alau di lakukan sesuai dengan takaran dan ukuran yang pas!!

  37. bagaimana caranya sirih merah ini untuk mengobati keputihan? apa ada efek sampingnya?

  38. trimakasih atas pertanyaannya, tapi selama ini sirih merah belum ada penelitian ke arah jantung bocor, tapi untuk lebih jelasnya tanyakan aja pada ahli dokter jantung

  39. Bagaimana kira-kira pak Pandji kalau sirih merah ini digunakan bagi penderita sakit jantung (jantung bocor)? Apakah bisa menyembuhkan? Terima kasih atas jawabannya.

  40. kalau untuk memperhalus kulit tubuh…………bgmn caranya ya ada yng taw.,

  41. apa sirih merah bisa juga mengobati infeksi dalam alat vital perempuan semacam cairan yang keluar dan berbau tak sedap.gemana caranya?

  42. untuk asis indro : kalau mau ngontek mas wawan langsung aja email ke alamat ini :prwanto95@yahoo.com

  43. caranya gampang
    pakai aja cara analog alias proses pengeringan daun,caranya di jemur dengan terik sinar matahari selama 3-7 hari aetelah itu baru di olah menjadi teh (seperti teh biasa) atau dengan cara dibuat extrak sengan cara di blender dan dimasukan salam botol dan disimpan dalam lemari es!

  44. Mas Panji bagaimana cara pengolahan sirih merah menjadi bentuk teh celup ataupun kapsul agar tahan lama dan dapat dikemas di dalam dus ataupun botolan ? trims.

  45. andy agus: semua tumbuhan herbal kalau kebanyakan juga bisa berbahaya, kalau sirih merah bersifat panas,selama pemakaian dalam taraf wajar /tidak berlebihan maka saya kira sangat bagus untuk bgian kewanitaan dan bau badan!dan seandainya kebanyakan efeknya saya kira cuma gangguan pencernaan alias diare!

  46. pak panji,bener g.. sih kalo terlalu sering minum sirih merah bagi wanita bisa mengeringkan rahimnya (wanita yang masih perawan)?konon ada yang bilang seperti itu….mohon penjelasannya terima kasih

  47. Askum,terimakasih atas bantuannya. dari dulu hingga sekarang saya penasaran mencari guna sirih merah. akhirnya sekarang ketemu juga dech…….. thanks banget y

  48. Banyak kemungkinan yang mengakibatkan kadar gula dalam tubuh tidak juga menurun salah satunya yang paling terbanyak kasusnya adalah POLA MAKAN, dan Sirih merah digunakan untuk terapi bukan untuk pengobatan dalam artian siri merah dapat digunakan sebagai penurun kadar gula apabila di minum atau dikonsumsi secara terus menerus sehingga dapat menstabilkan kadar gula dalam tubuh!lebih baik lagi bila dikonsultasi pada pakar herbal yang ada disekitar anda!!

  49. pak panji bapak kulo penderita dm.beliau mengkonsumsi rebusan sirirh merah,tapi setelah satu bulan,tidak ada penurunan kadar gula..usia 49th,BB 70kg,telah mengindap sekitar 10 th.mohon penjelasannya….trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *