Laku Puasa Kejawen

Puasa atau Laku merupakan suatu syarat walaupun bukan syarat yang utama untuk mendalami berbagai laku yang berasal adri tradisi Kejawen, Dalam Islam kita mengenal Puasa seperti Puasa Senin Kami, Puasa bulan Rhamadan, buasa daud yang semuanya bertujuan untuk mendekatkan diri pada Sang Rabb sang Maha Pencipta ALLAH SWT. Macam-macam puasa berdasarkan tradisi jawa adalah sebagai berikut :

1. Mutih

Dalam puasa mutih ini seseorang tdk boleh makan apa-apa kecuali hanya nasi putih dan air putih saja. Nasi putihnya pun tdk boleh ditambah apa-apa lagi (seperti gula, garam dll.) jadi betul-betul hanya nasi putih dan air puih saja. Sebelum melakukan puasa mutih ini, biasanya seorang pelaku puasa harus mandi keramas dulu sebelumnya dan membaca mantra ini : ?niat ingsun mutih, mutihaken awak kang reged, putih kaya bocah mentas lahirdipun ijabahi gusti allah.?

2. Ngeruh

Dalam melakoni puasa ini seseorang hanya boleh memakan sayuran / buah-buahan saja. Tidak diperbolehkan makan daging, ikan, telur dsb.

3. Ngebleng

Puasa Ngebleng adalah menghentikan segala aktifitas normal sehari-hari. Seseorang yang melakoni puasa Ngebleng tidak boleh makan, minum, keluar dari rumah/kamar, atau melakukan aktifitas seksual. Waktu tidur-pun harus dikurangi. Biasanya seseorang yang melakukan puasa Ngebleng tidak boleh keluar dari kamarnya selama sehari semalam (24 jam). Pada saat menjelang malam hari tidak boleh ada satu lampu atau cahaya-pun yang menerangi kamar tersebut. Kamarnya harus gelap gulita tanpa ada cahaya sedikitpun. Dalam melakoni puasa ini diperbolehkan keluar kamar hanya untuk buang air saja.

4. Pati geni

Puasa Patigeni hampir sama dengan puasa Ngebleng. Perbedaanya ialah tidak boleh keluar kamar dengan alasan apapun, tidak boleh tidur sama sekali. Biasanya puasa ini dilakukan sehari semalam, ada juga yang melakukannya 3 hari, 7 hari dst. Jika seseorang yang melakukan puasa Patigeni ingin buang air maka, harus dilakukan didalam kamar (dengan memakai pispot atau yang lainnya). Ini adalah mantra puasa patigeni : ?niat ingsun patigeni, amateni hawa panas ing badan ingsun, amateni genine napsu angkara murka krana Allah taala?.

5. Ngelowong

Puasa ini lebih mudah dibanding puasa-puasa diatas Seseorang yang melakoni puasa Ngelowong dilarang makan dan minum dalam kurun waktu tertentu. Hanya diperbolehkan tidur 3 jam saja (dalam 24 jam). Diperbolehkan keluar rumah.

6. Ngrowot

Puasa ini adalah puasa yang lengkap dilakukan dari subuh sampai maghrib. Saat sahur seseorang yang melakukan puasa Ngrowot ini hanya boleh makan buah-buahan itu saja! Diperbolehkan untuk memakan buah lebih dari satu tetapi hanya boleh satu jenis yang sama, misalnya pisang 3 buah saja. Dalam puasa ini diperbolehkan untuk tidur.

7. Nganyep

Puasa ini adalah puasa yang hanya memperbolehkan memakan yang tidak ada rasanya. Hampir sama dengan Mutih , perbedaanya makanannya lebih beragam asal dengan ketentuan tidak mempunyai rasa.

8. Ngidang

Hanya diperbolehkan memakan dedaunan saja, dan air putih saja. Selain daripada itu tidak diperbolehkan.

9. Ngepel

Ngepel berarti satu kepal penuh. Puasa ini mengharuskan seseorang untuk memakan dalam sehari satu kepal nasi saja. Terkadang diperbolehkan sampai dua atau tiga kepal nasi sehari.

10. Ngasrep

Hanya diperbolehkan makan dan minum yang tidak ada rasanya, minumnya hanya diperbolehkan 3 kali saja sehari.

11. Senin-kamis

Puasa ini dilakukan hanya pada hari senin dan kamis saja seperti namanya. Puasa ini identik dengan agama islam. Karena memang Rasulullah SAW menganjurkannya.

12. Wungon

Puasa ini adalah puasa pamungkas, tidak boleh makan, minum dan tidur selama 24 jam.

13. Tapa Jejeg

Tidak duduk selama 12 jam

14. Lelono

Melakukan perjalanan (jalan kaki) dari jam 12 malam sampai jam 3 subuh (waktu ini dipergunakan sebagai waktu instropeksi diri).

15. Kungkum

Kungkum merupakan tapa yang sangat unik. Banyak para pelaku spiritual merasakan sensasi yang dahsyat dalam melakukan tapa ini. Tatacara tapa Kungkum adalah sebagai beikut :
a) Masuk kedalam air dengan tanpa pakaian selembar-pun dengan posisi bersila (duduk) didalam air dengan kedalaman air se tinggi leher.
b) Biasanya dilakukan dipertemuan dua buah sungai
c) Menghadap melawan arus air
d) Memilih tempat yang baik, arus tidak terlalu deras dan tidak terlalu banyak lumpur didasar sungai
e) Lingkungan harus sepi, usahakan tidak ada seorang manusiapun disana
f) Dilaksanakan mulai jam 12 malam (terkadang boleh dari jam 10 keatas) dan dilakukan lebih dari tiga jam (walau ada juga yang memperbolehkan pengikutnya kungkum hanya 15 menit).
g) Tidak boleh tertidur selama Kungkum
h) Tidak boleh banyak bergerak
i) Sebelum masuk ke sungai disarankan untuk melakukan ritual pembersihan (mandi dulu)
j) Pada saat akan masuk air baca mantra ini :
? Putih-putih mripatku Sayidina Kilir, Ireng-ireng mripatku Sunan Kali Jaga, Telenging mripatku Kanjeng Nabi Muhammad.?
k) Pada saat masuk air, mata harus tertutup dan tangan disilangkan di dada
l) Nafas teratur
m) Kungkum dilakukan selama 7 malam biasanya

16. Ngalong

Tapa ini juga begitu unik. Tapa ini dilakuakn dengan posisi tubuh kepala dibawah dan kaki diatas (sungsang). Pada tahap tertentu tapa ini dilakukan dengan kaki yang menggantung di dahan pohon dan posisi kepala di bawah (seperti kalong/kelelawar). Pada saat menggantung dilarang banyak bergerak. Secara fisik bagi yang melakoni tapa ini melatih keteraturan nafas. Biasanya puasa ini dibarengi dengan puasa Ngrowot.

17. Ngeluwang

Tapa Ngeluwang adalah tapa paling menakutkan bagi orang-orang awam dan membutuhkan keberanian yang sangat besar. Tapa Ngeluwang disebut-sebut sebagai cara untuk mendapatkan daya penglihatan gaib dan menghilangkan sesuatu. Tapa Ngeluwang adalah tapa dengan dikubur di suatu pekuburan atau tempat yang sangat sepi. Setelah seseorang selesai dari tapa ini, biasanya keluar dari kubur maka akan melihat hal-hal yang mengerikan (seperti arwah gentayangan, jin dlsb). Sebelum masuk kekubur, disarankan baca mantra ini :

“Niat ingsun Ngelowong, anutupi badan kang bolong siro mara siro mati, kang ganggu maang jiwa insun, lebur kaya dene banyu krana Allah Ta ala”

Tags:

manfaat puasa mutih,  puasa mutih,  tata cara puasa mutih,  cara puasa mutih,  

66 thoughts on “Laku Puasa Kejawen

  1. padahal saya sudah puasa selama tiga hari tapi belum ada reaksinya apakah aku salah melakukan puasanya tolong di jelaskan untuk saya supaya istri saya kembali dengan saya aku mohon pada siapa ya

  2. nama saya junaidi k saya mau tanya ni soal puasa puasa untuk menaklukan seorang istri yang ga mau di ajak rujuk ni gi mana caranya ni tolong jelaskan donk

  3. Hmm
    Maaf sekedar info nih ya
    Saya asli orang Jawa. Dannn.. Kejawen itu memang ada, dulu waktu masih tradisional Jawa kuno ada. Kejawen lebih identik dengan Budha/Hindu, islam juga ada hanya sedikit. Kejawen tuh seperti ilmu kebatinan untuk mendekatkan kpd Sang Pencipta, jadi seperti agama, tapi bukan berarti ini non-islam
    Ini seperti sebuah tradisi, jadi ya saya ‘agak’ tersinggung kalau ada yg bilang kejawen itu fiktif atau hanya bohong belaka.
    Puasa patigeni biasanya untuk melindungi diri dari ilmu santet.

  4. Kesemuanya itu adalah budaya. Adat budaya dimana saja pasti mempunyai jenis pusa – puasa seperti budaya jawa. Kita harus menghargai semua keanekaragaman budaya ini. Sebelum islam Masuk ke tanah jawa, budaya itu sudah ada. baik yang sejalan dengan budaya islam atau yang tidak sejalan. tergantung kita yang akan menyikapi. Tetapi selama tidak bermaksud menyakiti orang lain, menurut saya itu ga masalah. Masalah akhlak dan moral urusan kita masing – masing kepada ALLAH SWT.
    Oke. TETAP DEMOKRATIS DAN NASIONALIS.

  5. asslaalamualaikummmmmmmmm

    niat ingsun amatek ajiku si semar mesem
    mutmutaken inten cahayane manjing ono pilingan ku kiwo tengen
    sing nyawang ke giwang opo maneh sing nyawang kumancep kumantil
    ing telenging sanubariku…yaiku sijabang bayine……bin…..
    wis tentu welas asih marang badan ingsun saking kersaning alloh

    puasa mutih 7 hariii di mulaii pada hari kelahiran anda..
    klo tidak tau kelahiran anda,bisa di mulaii pusanya pada hari rabu.
    sblm puasa mutih harus mandi kramas niatnya..
    niat ingsun mutih,mutih aken aka kang reged, putih koyo bocahh mentas lahiripun ijabahi gustii alloh.

  6. mau puasa mutih? makan aja beras ama aer mentah selama 7 hari/3hari insya’allah lo pada cepat mengahadap yang maha kuasa.

  7. terima kasih atas penjelasannya maklum kami orng awam, itung2 nambah pengetahuan yang penting semua kembali kepada ALLAH SWT
    @for genje sevenfold: gk usah sok pinter loe, belum tentu loe berilmu. dari kata2 loe aja mencerminkan kepribadian loe. klo gk berkenan dihati ya gk usah ngejelek2in orng atw loe mw nyari sensasi? bukan tempatnya disin bro.. maaf cman ngingatin loe aja, biar sedikit dikontrol ucapan loe..

  8. woi Bwat Orang Orang Yg G Ber Ilmu…!!! kau Bilang Puasa” Di Atas Musrik??? kau Tau It niat Kembali Ke Allah… so Kita Minta Persetujuan Allah… klo G Di Setuju’in Ya G Bakal Berhasil Jg… Tolol … iy Puasa Mutih Indentik Untuk Start Ajian Ajian Dan Setelah Puasa Mutih Langsung Pati Geni… and Lo Lo Yg Tolol Ta’ Tau Apa” Ajian ajian Itu Pun Di Ambil Dari Al Qur’an Yg Di Bahasakan Jawa Supaya Lebih Mudah… tp Kalo Lo Pakai Ajian Itu Untuk G Bener Yg Ad Di Sisi Lo Bukan Allah Tp Setan/Jin !!! so’ Tau Tp G Tau !

  9. MAs Pandji, saya kurang paham dengan puasa mutih, misalkan saya jalani puasa mutih selama 7hr, berapa kepal nasi yg harus saya makan pada saat sahur dan pada saat berbuka? trus baiknya dimulai pada hari dan neptu apa mas? mohon penjelasannya. thanks

  10. mas kalo kita puasa mutih.
    pas buka nya kita minum air putih dan nasi putih saja . .

    setelah 2 jam kemudian kita makan nasi yg ada lauk pauk ny boleh apa gak . . ??

  11. numpang lewd nggeh.., ahihihi..

    bismillahirrohmanirrohim..

    asyhadu anlaa ilaa haillalloh.. wa ashadu anna muhammadarrosuululloh..

    idzqoola yusufu liabiihi yaa abati inni roaitu ahada ‘asyaro kaukaban wassamsa wal qomaro roaituhum lii saa jidiin… 13x

    laa chaulaa walaa kuwwata illa billaah.. 3x
    laa chaulaa walaa kuwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adzim..

    sodaqollohul ‘adzim.. aamiiiin..

    niat ingsun poso sunnah sedino suwengi, nyuci hake batin, mbuka aura kesehatan jasmani lan rohani kerono ALLOH subhanahu wa ta’ala. amiin..

    good luck nggeh.. ahihihi

  12. Puasa ala kejawen itu mendekatkan diri kepada setan bukan kpd alloh,,alloh tidak mengajarkan umat manusia tuk melakukan puasa kejawen,hanya puasa ramadhan,senin kamis yang harus kita laksanakan bukan puasa kejawen.puasa kejawen itu perbuatan syirik/musyrik menyekutukan alloh,puasa kejawen itu minta bantuan ke goib/jin untuk berbagai keperluan seperti pelet dan pengasihan..mendingan kalian cari PESUGIHAN dari pada melakukan puasa mutih…

  13. hari + weton yg jika dijmlhkan nilainya 40:

    dimulai dari :selasa kliwon,rabu,kamis
    Rabu pon,kamis,jumat
    Kamis wage,jumat,sabtu
    Jumat pahing,sabtu,mggu
    konon kl puasa di 3 hari tsb dihitungnya 40 hari.
    masih ada lg hari senin dan sabtu tp wetonnya aku lupa

  14. Sekedar share…
    Kl aku saat usaha lahir dah mentok maka yg terakhir adalah berserah dari kpd Allah disertai dg usaha batin yaitu puasa dan shalat malam.

    Pengalamanku:

    Sekian lama sy dan suami mencari rumah yg ideal sbagai tmpt tinggal(sy masih kontrak rmh).Ntah berapa perumahan yg sy datangi slalu ga mengena dihati ato timbul beda pendapat dg suami yg berujung dg tak bertegur sapa meskipun sejenak.
    Sy brtanya dlm hati knp kok bs sesulit ini utk mndapatkn rumah ideal ukuran kami,sy ingin lokasi yg dekat dg masyarakat(bkn type cluster),dekat dg angkutan umum,dg lahan yg cukup luas dan masih ada tanah kosong yg bs bwt tanaman,rmh yg sebagian dindingnya ada batu alamnya agar hemat dlm pengecatan…:)

    singkat cerita,
    karna mentok … mungkin trlalu bnyak syarat n keinginan..:)) .akhirnya sy brniat melakukan tirakatan dg cara mengurangi makan dan sholat malam(bpk sy bilang kl ingin cita2 sgera trwujud hanya ada dua cara yaitu :mengurangi makan dan tidur)…

    Sy mulai lakukan tirakat yaitu,mulai makan jam 5 sore.semua dilakukn dg ikhlas n senang hati tanpa target pula lamanya.Sampe akhirnya tanpa diduga ada seorg ta dikenal dteng bertamu,dia bilang pengen aja mampir ke rmhku.trnyata dari obrolan ta sengaja trnyata dia brniat mw jual rmh.Saat sy datangi dg suamiku…nyaris yg sy impikan tentang kriteria yg diinginkan semua terpenuhi dari rmh itu,bahkan org tsbt bgt menyayangi sy dan suami saat pertama ketemu….

    itulah maha murah dan kasih Allah,semua amalan yg kita lakukan berbalik lg bwt kita karna Allah sndiri ta butuh disembah Dia maha kuasa dan segalanya…

  15. Mas katanya kalo mpuasa mutih hanya untuk menyucikan badan,apakah bisa kita puasa mutih untuk tujuan tertentu misalkan untuk niat biar di kasih kesuksesan,pengasihan,,,,dlllll…satu lagi mas tolong kasih tau hari dan weton yang baik untuk mulai puasa agar bisa di hitung 40 hari……tanks ya mas…

  16. saya mau tanya cara mengerjakan puasa putih tuh sama sperti mngerjakan puasa senin kamis kah. ??
    puasa putih sahur nya dan buka nya jam brp. . ?
    terus setelah buka dgn nasi putih apa boleh mkn2 yg berasa. .

  17. Astafirullah
    itu semua ajaran sesat, maka tinggalkanlah jangan sampai mendatangkan murka ALLAH

  18. assalamualaikum mas mw nanya nih…. kl puasa putih makan nya sekali ja y klau wktu maghrib bnar ga mas ???

  19. Stelah buka puasa,mlm’y blh mkan2an yg laen slaen nsi putih g?
    saur’y cm blh pke nsi putih ap bebas?

  20. ass,
    saya mau nanya kalau puasa mutih untuk mendapatkan khodam apa niatnya,
    dan sekalian do’a2 nya tolong di bantu,,
    thanks

  21. inti dari puasa adalah membersihkan diri,masalah hajad kabul gaknya kan tergantung dari yang Maha Memberi!!intinya dengan puasa kita dapat mengendalikan diri atau menahan atau mengurangi perbuatan-perbuatan yang kurang baik dan melatih empati kita serta ikut merasakan bagaimana rasanya jika kita menahan lapar seperti saudara-saudara kita yang memang masih banyak yang kelaparan!!!boleh-boleh aja tapi hati-hati dengan niat kadang puasa tidak berarti apa-apa karena niat kita!!!

  22. klo saya sie melakukan puasa ngrowot selama 101 hari dengan tanpa memakan dari makanan yg berbahan dari nasi, dan puasanya tidak boleh putus. juka putus maka harus diulang lagi dengan bacaan hizb2 tertentu. kemudian jika sudah lulus dr 101 hari boleh tidak dengan berpuasa tetapi tetap ngrowot, ditambahkan dengan tidak ditentukan, boleh 1 tahun, 2 tahun atau bahkan boleh jug seumur hidup.

  23. puasa mutih sebenarnya tujuannya membersihkan jiwa bisar suci putih, pelaksanaan bebas tapi biasanya di paskan dengan hari lahir, atau hari-hari tertentu bisanya yang baik adalah 3 hari dengan weton dan neptu berjumlah 40
    untuk mutih diawali dengan saur biasa setelah itu kita hanya boleh berbuka dengan kepalan nasi putih dan minum air putih sesuai dengan hari kalau 7 hari,hari pertama makan 7 kepel,…..sampai hari terakhir 1 kepel dan seterusnya…..semoga jelas!!

  24. Mas pandji mau tanya ni kyknya asyk.
    Q masi bingung dgn puasa mutih?Tata cara makanya gimana ya mas,kalo puasa2 biasakan ada sahur dan buka.Untk puasa mutih ada gk?Wktu kpn aja makanya pa bebas mau kapan aja? Mklum org awam. mohon balasannya ke email saya : hambamujahid@gmail.com

  25. mas klko puasa mutih ngepel 7 hari, apakah setelah buka boleh makan dan minum selain nasi ma air putih!? tolong djawab ya mas! cos aku dah ga tahan ni puasa mutih!

  26. untuk andre,memang puasa tujuan utamanya mendekatkan diri pada Allah,mensucikan diri dan ingin merasakan penderitaan orang-orang yang sering kelaparan. Mutih sendiri dalam islam tidak ada itu adalah tradisi jawa! saran saya kalau punya niat lakukan saja puasa Daud (sehari puasa dan sehari tidak)cara nabi daut karena rasul juga pernah mengatakan puasa yang paling wajib adalah puasa ramadan dan puasa yang paling utama adalah puasa saudaraku daud!kalau pingin muka bercahaya lakukan saja tradisi dari melayu!(kalau minat hubungin aku gratis………..ke pandjiwinoto@yahoo.com

  27. Untuk Ibundafa Puasa mutih adalah puasa yang diniatkan untuk mensucikan raga dari perbuatan-perbuatan negatif dan sekaligus mendekatkan diri pada Ilahi ….itulah tujuan puasa mutih untuk orang-orang jaman dulu(keterangan dari seseorang sesepuh dari kedung galar), yang dilakukan dengan cara mutih atau memakan Nasi dan air putih saja,kalau ibu suka makan buah-buahan itu namanya puasa Ngalong (seperti kalong yang makan buah-buahan), kalau suka sama daun-daunan (pucuk daun) namanya puasa Ngidang (meniru alah kijang) tapi yang perlu diketahui adalah NIAT dari puasa tersebut bila niatan kita baik dan untuk tujuan yang berguna bagi orang lain insya Allah akan tercapai!!

  28. saya pernah mutih tidak makan makanan yang diberi garam,gula dsb.tidak puasa tapi makn cuma nasi,buah2an , umbi2an.itru termasuk mutih ga

  29. asslam…
    mas,, saya maw tanya ne.. saya pengen lakukan puasa mutih,,,
    tapi permohonan kita di ucapkan pada waktu apa ya.??
    dan apa aja sh,,, mamfaat Puasa Mutih..??? apa kita boleh minta sama Allah sesuatu yang menyangkut duniawi.. contohnya kita minta wajah bercahaya.. biar semua orang seneng liat kita…
    kalau mas tidak keberatan boleh gak saya minta di jelasin tata cara puasa mutih…
    makasih ya mas…

  30. Puasa Muksa? aku baru dengar nich tapi dari kata dasar Muksa artinya diangkat atau seseorang yang raganya hilang tanpa mengalami kematian(kayak nabi Isya (masbuk)) tapi dalam agama islam hal itu hanya berlaku untuk beberapa orang yang benar-benar pilihan. Dahulu memang ada di jawa namanya ilmu petitis atau ilmu muksa jadi seseorang yang menginginkan hidup lagi dengan cara menitis ke cucu atau buyutnya kelak tapi ilmunya dah lama hilang dan gak terdengar ya salah satu syaratnya nglakuin puasa 41 hari tanpa makan tapi gak tau nama puasanya apa cb nanti aku nyari literatur lain ya!!

  31. asmkm mas pandji  saya mau nanya puasa mutih itu kapan dilakukan dan sekarang ni kan malam senin saya pernah dengar puasa mutih 7 hari dan puas tapa geni 2malam  saya mau nanya ni mas puasa mutih dilakukan mulai jam brapa dan berbuka jam brapa apakah sama dengan -puasa ramadan sahur jam 3 pagi buka pas magrib dan tapa geni kaya gmana lagi berbuka kapan dan sahurnya kapan minta tlg ya penjelasannya mass

  32. Puasa sebenarnya adalah ibadah yang berfungsi untuk mengendalikan hawa nafsu dan juga suatu ibadah yang bertujuan hanya mengharap ridho dari Allah, apabila kita berpuasa maka hati,perbuatan dan panca indra kita juga harus berbuat baik alias ikut berpuasa, menurut penelitian orang yang berpuasa dan berpikir positif saat berpuasa aura yang mengelilinginya sangat bagus untuk kesehatan dan juga berpengaruh pada orang-orang disekelilingnya jadi Insya4JJL kita juga akan terhindar dari hal-hal negatif yang perlu diingat TUHAN menciptakan manusia sama dan tidak ada yang di takdirkan SIAL!!!

  33. apa bener kalo kita puasa apa aja bisa mengurangi kesialan kita, soalnya yang saya rasakan saya ini sering sial

  34. Coba puasa dawut dulu dilakukan 3 bulan insya4JJL ada manfaata.!!
    Puasa dawut dilakukan dengan cara 1 hari puasa dan 1 hari gak puasa, trus perbanyak baca iktifar!

  35. Maksudnya ilmu kebathinan siapa tau bermanfaat nantinya,mklum dari kecil uda suka hal kyk gtu.Bg2 ilmu kan bgus tuh

  36. Mas kalo mau buka mata bathin harus puasa apa mas?Cos q kepingin menguasai ilmu dari dulu tp gk ada yg mau ngajarin.Tq mas

  37. mas ardhy, kalau mau YM man ya add YM ku aja atau lewat facebook ku ada di web ini, kalau ilmu membaca pikiran syaratnya apa?waduh aku gak bisa jelaskan tapi yang pasti kita harus bersih dan banyak puasa sunah serta yang penting selalu mengingat ALLAH dengan cara berzikir!!!

  38. Oya kalo bisa add Ym q mas or minta YM mas aja q kepingin tau bnyk hal masalah mistik “ardhx02″ bg2 ilmu mas,oya mau tny lg,kalo ilmu baca pikiran org apa aja syaratnya mas?…Mhon diblz ya mas pandji

  39. Mas pandji mau tanya ni kyknya asyk.
    Q masi bingung dgn puasa mutih?Tata cara makanya gimana ya mas,kalo puasa2 biasakan ada sahur dan buka.Untk puasa mutih ada gk?Wktu kpn aja makanya pa bebas mau kapan aja? Mklum org awam Tq (^_^)

  40. apa nama puasa yg waktu pengerjaannya 24 jam atau dari pagi ke pagi lag. untuk pemula boleh minum putih saja. tapi disarankan tidak makan dan minum sama se-x ? thanks.

  41. kalau di lihat dan di nalar secara logika kemungkinan besar tidak bisa,tapi anda jangan kuatir masih banyak laku lain yang tujuan dan pengaruhnya sama, seperti puasa senin kamis atau puasa daud!!atau puasa weton kapid 40 yaitu mulai dari hari selasa kliwon berturut-turut 3 hari kedepan sampai hari kamis yang penjumlahan wetonnya 40, tapi menurut saya kalau anda menderita diabetes sebaikya menjalankan puasa senin kamis atau puasa daud! dan tujuan puasa yang bisa menilai berhasil tidaknya hanya Allah dan kita sendiri yang menjalankan.yang penting Niat Ingsun kulo puoso Lillahi Ta’ala–>kalau tujuannya sudah lillahitaala puasa apa saja pasti akan menghasilkan sesuai dengan apa yang kita harapkan!!!

  42. terima kasih atas pencerahanya,satu hal lagi mas pandji..mengenai puasa putih(7hari berturut2 kalau tdk salah),bisa tidak jika si pelaku jg mengonsumsi obat2an,semisal obat tensi,obat diabetes (insulin)dsb, yang harus mereka konsumsi secara kontinyu.atas penjelasanya saya ucapkan terima kasih.

  43. puasa yang berpantangan makan nasi putih banyak, seperti ngrowot,pati geni, ngidang, ngalong, fungsi puasa pada esensialnya sama salah satunya adalah mensucikan diri di samping mensucikan raga,juga mensucikan jiwa. Orang dalam keadaan suci selalu dekat dengan ALLAH kalau kita menjalankan puasa sesuai dengan aturannya maka insyaALLAH doa dan hajad kita akan dikabulkan Allah, disamping itu orang puasa memiliki ketebalan aura dan pancaran warnanya akan cerah hal ini akan mnyehatkan jasmani maupun rohani orang yang berpuasa, di samping itu kita turut merasakan penderitaan fakir miskin!!!

  44. mas..apakah nama puasa yang berpantang makan nasi?sama tidak dengan ngrowot tsb.dan berikut penjelasan mengenai manfaat atau tujuan ngrowot secara essensial.

  45. thx mas atas informasinya…
    puasa mutih blh minum air putih yang matang kan????

  46. Puasa mutih biasanya dilakukan 3,7,21 dan seterusnya tapi umumnya 7 hari,diambil angka ganjil ya puasa sebenarnya juga ibadah,mendekatkan diri pada Allah!!!!kalau ditanya bagus mana,puasa mutih merupakan ajaran nenek moyang kita dalam hadis maupun alquran tidak disebutkan.ini tergantung individumsebagai pemeluk agama islam aku lebih mantap puasa Daud tapi sangat berat…..,jadi senin kamis juga mantap karena ini salah satu sunnah nabi.dalam kejawen puasa mutih dianggap usaha untuk mengendalikan 4 napsu yang berada di badan kita serta mendekatkan diri pada Gusti Allah!!

  47. Biasany puasa putih dilakukan berapa hari?
    Terus Ap manfaat puasa putih,apa bisa mengabulkan permohonan?
    Bgus puasa putih ato puasa senin kamis.terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *