Perhitungan Hari Lahir (Neptu) Jawa




Tradisi Perhitungan tanggal berdasarkan hari lahir versi Jawa atau
yang di sebut dengan NEPTU ecara manual dapat di perhitungkan dengan
rumusan sebagai berikut.

Perhitungan Secara Manual
Berikut ini adalah cara untuk menghitung neptu seseorang secara manual. Sebagai contoh: seseorang yang lahir pada tanggal 28 April 1978

  1. Menghitung dina (hari):
    • Cari angka pertemuan antara tahun di sebelah kiri dan bulan di bagian atas pada Tabel 1
      Sebagai contoh: Tahun 1978 dan bulan April pertemuannya adalah 6
    • Jumlahkan angka pertemuan tersebut dengan tanggal, yaitu 28 + 6 = 34
    • Cari nilai (34) di Tabel 2, tarik garis lurus ke samping kiri akan menemukan harinya yaitu Jum’at
  2. Menghitung pasaran (pon, wage, kliwon, dsb):
    • Cari angka pertemuan antara tahun di sebelah kiri dan bulan di bagian atas pada Tabel 3
      Sebagai contoh: Tahun 1978 dan bulan April pertemuannya adalah 0
    • Jumlahkan angka pertemuan tersebut dengan tanggal, yaitu 28 + 0 = 28
    • Cari nilai (28) di Tabel 4, tarik garis lurus ke samping kiri akan menemukan pasarannya yaitu Pon
  3. Menghitung neptu hari dan pasaran:
    • Gunakan Tabel 5 untuk mengetahui nilai hari. Sebagai contoh: Jum’at nilainya 6
    • Gunakan Tabel 6 untuk mengetahui nilai pasaran. Sebagai contoh: Pon nilainya 7
    • Jumlahkan kedua nilai tersebut. Sebagai contoh:6 + 7 = 13

Tabel 1

TAHUN

JAN

FEB

MAR

APR

MEI

JUN

JUL

AGT

SEP

OKT

NOV

DES

1890

1918

1946

1974

2002

2030

2058

2086

2114

2142

2170

2

5

5

1

3

6

1

4

0

2

5

0

1891

1919

1947

1975

2003

2031

2059

2087

2115

2143

2171

3

6

6

2

4

0

2

5

1

3

6

1

1892

1920

1948

1976

2004

2032

2060

2088

2116

2144

2172

4

0

1

4

6

2

4

0

3

5

1

3

1893

1921

1949

1977

2005

2033

2061

2089

2117

2145

2173

6

2

2

5

0

3

5

1

4

6

2

4

1894

1922

1950

1978

2006

2034

2062

2090

2118

2146

2174

0

3

3

6

1

4

6

2

5

0

3

5

1895

1923

1951

1979

2007

2035

2063

2091

2119

2147

2175

1

4

4

0

2

5

0

3

6

1

4

6

1896

1924

1952

1980

2008

2036

2064

2092

2120

2148

2176

2

5

6

2

4

0

2

5

1

3

6

1

1897

1925

1953

1981

2009

2037

2065

2093

2121

2149

2177

4

0

0

3

5

1

3

6

2

4

0

2

1898

1926

1954

1982

2010

2038

2066

2094

2122

2150

2178

5

1

1

4

6

2

4

0

3

5

1

3

1899

1927

1955

1983

2011

2039

2067

2095

2123

2151

2179

6

2

2

5

0

3

5

1

4

6

2

4

1900

1928

1956

1984

2012

2040

2068

2096

2124

2152

2180

0

3

4

0

2

5

0

3

6

1

4

6

1901

1929

1957

1985

2013

2041

2069

2097

2125

2153

2181

2

5

5

1

3

6

1

4

0

2

5

0

1902

1930

1958

1986

2014

2042

2070

2098

2126

2154

2182

3

6

6

2

4

0

2

5

1

3

6

1

1903

1931

1959

1987

2015

2043

2071

2099

2127

2155

2183

4

0

0

3

5

1

3

6

2

4

0

2

1904

1932

1960

1988

2016

2044

2072

2100

2128

2156

2184

5

1

2

5

0

3

5

1

4

6

2

4

1905

1933

1961

1989

2017

2045

2073

2101

2129

2157

2185

0

3

3

6

1

4

6

2

5

0

3

5

1906

1934

1962

1990

2018

2046

2074

2102

2130

2158

2186

1

4

4

0

2

5

0

3

6

1

4

6

1907

1935

1963

1991

2019

2047

2075

2103

2131

2159

2187

2

5

5

1

3

6

1

4

0

2

5

0

1908

1936

1964

1992

2020

2048

2076

2104

2132

2160

2188

3

6

0

3

5

1

3

5

2

4

0

2

1909

1937

1965

1993

2021

2049

2077

2105

2133

2161

2189

5

1

1

4

6

2

4

0

3

5

1

3

1910

1938

1966

1994

2022

2050

2078

2106

2134

2162

2190

6

2

2

5

0

3

5

1

4

6

2

4

1911

1939

1967

1995

Tags:

neptu,  neptu jawa,  tanggal lahir jawa,  Perhitungan hari jawa,  

48 thoughts on “Perhitungan Hari Lahir (Neptu) Jawa

  1. Apa. Weton saya dan hari apa? Saya lahir. 24 jjuni 1978
    Trus apa saya jjodoh dgn suami saya
    Suami sy wetonx kamis. Pahing

  2. Mas lok 1 februari 1985 and 11 februari 1989 weton jawa nya [a????p?a????] ???ªª masalahnya penting ß????•??•??† ??????????????? mu married mas

  3. Mau tanya kalo tanggal 11 oktober 1985 itu wetonnya apa mas kirim di no ini. 082393250277. Secepatnya yaa soalnya penting banget

  4. Im genuinely enjoying the style and layout of one’s website. Its a very uncomplicated on the eyes which makes it a great deal much more enjoyable for me to come here and pay a visit to far more typically. Did you hire out a designer to make your theme? Excellent perform! kckaedebdedk

  5. mau tau hr kelahiran jawa sy, suami + anak@ sy…. sy ( yusni ) tgl 26 mei 1968…, suami tgl 6 desember 1967…, anak tgl 16 september 1997…, anak tgl 12 maret 1999…, anak tgl 17 oktober 2001…, anak tgl 10 februari 2006…, anak tgl 18 november 2009…, anak tgl 13 agustus 2011

  6. saya Amelya.
    saya ingin tahu kalo tanggal lahir saya 6-05-1975…. saya ingin tau tanggalan jawa nya…..dan sifat aku seperti apa….
    dan Moch.Arifin…
    pasangan saya(pacar) lahir 28-11-1974….saya ingin tahu tanggalan jawa nya ….dan sifat pasangan ku seperti apa…..
    kami cocok atau tidak

  7. Saya tidak memahami apa yang anda
    maksud dengan ” required fields are marked”
    Mohon penjelasan agar saya tidak salah
    tangkap dalam mengartikannya. Trims.

  8. Pada upacara adat, kadang ditanyakan usia,weton
    hitungan tahun Jawa,misal lahir pada 5 Juni 1934.
    Harinya apa? Wetonnya: dalam tanggalan Jawa?
    harinya? Pasaran? Tangga? Pada hari ini tanggal
    2 Nopember 2013, usia hitungan Jawa tanggal, hari
    pasaran dan tahun erapa?
    Apakah manfa’atperhitungan menurut tanggalan
    Jawa tersebut, terutama pada upacara2 perkawian?

  9. ibu saya sakit
    tolong banget tangal 11 november 1961 wetoya apa yaa…
    tolong banget yaaa
    kalu tau hub 085702027807

  10. Mas saya kan tanggal 23 mei 1986, jumat kliwon..
    Kalo cewek saya dea tanggal 14 juli 1988 jatuh’y hari apa dan pasarannya apa mas?

  11. kang panji, kalo 25 januari 1992 hri pasarannya apa? tolong jawab ke nomer hp ini ya 082178011373.

  12. Mas Panji yang terhormat,
    saya mohon bantuan untuk menentukan hari dan tanggal lahir masehi.
    Petunjuk yang sy punya dari orang tua hanya : lahir hari jum’at, tanggal 9 zulhijjah.Perkiraan tahun lahir antara 1964 s/d 1966.
    Terima kasih Mas atas bantuannya.

  13. kalau tanggal lahir saya 29 Maret 1989 itu berarti weton saya pa eaaa

    tolong kirim d email saya ea cz q btuh bngt jwabanx,,,

    Trims

  14. Aku pengen tau hari sama hari jawa.nya 28 oktober 2008… Soal.ny penting tolong kirim.kan jawaban.ny ke email.ku

  15. Mas panji saya mau tanya
    tanggal lahir saya 14-09-1983 dan calon istri saya 27-10-1988
    saya merasa dia koq masih labil sekali pikirannya masih sering berubah-ubah, kira gimana langkah saya agar semua berjalan lancar

    mkasih

  16. mas panji tabel 2 dst gak ada, tolong kasih tau hitungan hari pasaran jawa
    atau weton nya : 21 April 1973 dan 22 Maret 1977, 21 Agustus 1998, 7 Februari 2003, 17 Januari 2005 ditunggu mas yo, terima kasih banyak.

  17. Terima kasih banyak mas, semoga ini sanagat berguna bagi saya dan orang lainnya, minta izin copy artikelnya.wassallam.

  18. maw nanya nih…
    Sahabat… 7 januari 1993 tuh dlam phitungan jawa jatuh hari apa y…
    Tlg sms k 081554024237::
    Tlg aku tunggu benern nih..

    Trimz rojazz

  19. Untuk Tabel 2 dst nya kok gak ada ya….saya bisa tau Tabelnya dari mana?

    Kalau tanggal 12 Agustus 1980 itu hari dan neptu apa?

  20. tip mencari uang dengan mudah ;1.hindari mencari uang di hari senen atau minggu jika anda tidak punya kartu atm,,2,siapkan kendaraan anda baca bismillah dan pergi ke teller ,,,,,,jangan lupa bawa buku tabungan ,,jangan sekali kali datang ke teller dengan tidak membawa buku tabungan ….ab\nda pasti tdk akan mendapatkan uang,,,,silahkan mencoba,,,,

  21. Hello, i feel that i noticed you visited my weblog so i got here to ?return the desire?.I am attempting to find things to improve my web site!I guess its ok to make use of some of your ideas!!

  22. Mas Panji Yang terhormat,

    Saya lahir tanggal 22 April, 1950 dan Istri 17 Nopember 1952.
    Kami menikah tanggal 7 Maret 1974. Keadaan rumah tangga kami baik dari segi keharmonisan maupun Financial mengalami pasang saurut, tapi lebih cenderung ke arah turun ( kurang baik). Mengingat perkawinan kami sudah cukup lama (37 th) dan telah mempunyai 3 anak ( Perempuan, Laku, Perempuan) dan mempunyai cucu 7 orang. Yang penting bagi kami, perkawinan berjalan langgeng, tidak ada perpisahaan kecuali kehendak Allah swt.

    Saya Mohon petunjuk sbb :
    01. Hari dan Weton kelahiran saya dan Istri,
    02. Sarana apa yang harus kami tempuh agar keadaan keluarga kami tetap bersat, harmonis, langgeng dan dalam keadaan serba kecukupan tidak berlebihan.

    Demikian permohonan kami, Jawaban mas Panji sangat kami tunggu.

    Terima kasih atas perhatian dan batuan Mas Panji.

    Daddy Gondo Soewandono
    HP: 081914497624
    02.

  23. Malam kang pandji mau tanya,saya punya calon orang kalimantan lahir tgl 6 januari 1986, ngak tau wetonya,sedangkan ortuku minta wetonya apa,tlg bantuannya wetonya calon saya apa ya,makasih

  24. bagimana kalau pada saat menghitung hari pasaran tidak ada sisa pembagian:
    thx

  25. klo tanggal 12 september 1985 itu neptu jawa nya??? apa kah wage, pon kliwon atau apa??? saya mau menghitung buat tanggal pernikahan saya!!! klo saya kan 12 september 1986 itu kliwon.

  26. maaf mau tanya nich…. kenapa sich neptu hari jumlahnya tidak sama, contohnya hari minggu neptunya 5. nah arti dari angka 5 ini apa? apakah ada artinya? begitu juga untuk hari hari lainya. terimakasih

  27. saya kelahiran 06-11-1983
    pacar saya 26-04-1985
    yang mau saya tanya hari lahir saya apa?
    cocok kah hari lahir saya dengan pacar saya?
    jika tidak langkah apa yang harus saya ambil?

    thaks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *